PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA KELAS X TAHUN 2009 2010
Judul : Identifikasi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Tujuan : Siswa diharapkan dapat mengetahui perbedaann ciri – ciri larutan elektrolit dan nonelektrolit
Waktu : 2 x 45 menit (2 jam pelajaran)
A. Alat dan Bahan
1. Rangkaian alat Elektrolit tester
2. Gelas kimia 150 ml
3. Aquades
4. Larutan HCl
5. Larutan NaCl
6. Larutan CH3COOH (cuka)
7. Larutan Detergen
8. Larutan NaOH
B. Cara Kerja
1. Rangkailah elektrolit tester sesuai dengan gambar !
2. Tuangkan ke dalam gelas kimia 50 ml Aquades !
3. Ujilah dengan menggunakan elektrolit tester !
4. Amati nyala lampu dan terjadinya gelembung pada kedua elektroda !
5. Ganti aquades dengan larutan yang lain !
6. Setelah selesai pengamatan cuci elektroda dengan aquades dan di lap hingga kering !
C. Tabel Hasil Pengamatan
No. | Larutan | Nyala lampu | Terjadinya gelembung pd elektroda | |
Positif | Negatif | |||
1. | Aquades | |||
2. | Larutan HCl | |||
3. | Larutan NaCl | |||
4. | Larutan CH3COOH | |||
5. | Larutan Detergen | |||
6. | Larutan NaOH |
D. Pertanyaan
1. Larutan yang dapat menyalakan lampu dengan terang dan menimbulkan gelembung gas adalah
2. Larutan yang dapat menyalakan lampu dengan reddup dan menimbulkan sedikit gelembung gas adalah
3. Larutan yang tidak dapat menyalakan lampu tetapi dapat menimbulkan sedikit gelembung gas adalah
4. Larutan yang tidak dapat menyalakan lampu dengan terang dan tidak menimbulkan gelembung gas adalah ..............................................................................................................................................
5. Yang termasuk larutan elektrolit kuat adalah ......................................................................
6. Yang termasuk larutan elektrolit lemah adalah ....................................................................
7. Yang termasuk larutan nonlektrolit adalah ..........................................................................
8. Kesimpulan dari praktikumm ini adalah ..............................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar